Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sunday, January 9, 2011

MENDIDIK ANAK (2) AJARAN/ATURAN

Bagian pertama dalam mendidik adalah membuat peraturan dan menyampaikan ajaran. Harus dibuat peraturan di dalam rumah. Bagi guru sekolah Minggu harus membuat peraturan di kelas. Tanpa ada peraturan, anak akan terbiasa hidup liar, hidup tanpa aturan, hidup semaunya sendiri, tidak mau diatur dan menjadi ‘trouble maker’ atau pembuat masalah. Buatlah peraturan-peraturan sederhana di rumah, sesuai usia anak-anak, dan tingkatkan sesuai kebutuhan dan pertumbuhan usia mereka.

2Timotius 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Amsal 3:12 Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.

TUHAN memberi ajaran seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi, atau dengan kata lain, seorang ayah yang menyanyangi anaknya akan menyampaikan ajaran. Mendidik adalah menyampaikan pengajaran, norma-norma dan nilai-nilai hidup, aturan, hukum, Firman maupun cerita-cerita serta pengalaman yang mengandung didikan dan mengajarkan pengenalan akan TUHAN. Isi utama dari ajaran atau aturan yang disampaikan adalah konsep-konsep dari Firman TUHAN, karena Firman TUHAN mempunyai kuasa untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Amsal 1:8 Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu.

Ulangan 11: 19-21: Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Engkau harus menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu. Supaya panjang umurmu dan umur anak-anakmu di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepada mereka, selama ada langit diatas bumi.

Ulangan 4:9 Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, supaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu-cicitmu semuanya itu.

Efesus 6:4 Dan kamu bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi DIDIKLAH mereka di dalam ajaran (aturan / hukum) dan nasihat TUHAN.

Fungsi dan tujuan ajaran/aturan adalah untuk membuat apa yang boleh dan tidak boleh menjadi jelas. Ajaran/aturan atau hukum atau tata tertib berfungsi sebagai batasan norma, etika dan sopan-santun.

Fungsi aturan adalah semacam undang-undang di dalam masyarakat atau negara. Bangun aturan di rumah / di kelas dan sampaikan kepada anak secara bertahap, sesuai dengan usia anak. Kita bisa membangun peraturan dengan kerangka atau warna sesuai ajaran Firman TUHAN. Firman TUHAN sendiri juga adalah hukum dari TUHAN bagi hidup manusia. Ajaran ini juga akan membuat seorang anak akan memiliki kedewasaan dan perkembangan emosi dan sosial yang baik.

-------------------------------------------------------------------------------
Kolom ini diasuh oleh Pdp. Daniel Iswahyudi, S.Th. (Hamba Tuhan yang spesial terjun dalam pelayanan di bidang anak dan keluarga) Untuk pertanyaan/konsultasi, silahkan email ke: yudipribadi@yahoo.com

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment